Riau Status Darurat Pencemaran Udara karena Kabut Asap

medsosnews.com Pekanbaru- Pemerintah Provinsi Riau menetapkan status darurat pencemaran udara karena kabut asap hasil kebakaran hutan dan lahan sangat mengkhawatirkan. Dalam beberapa hari, status udara di berbagai wilayah Riau, berada pada level berbahaya untuk kesehatan.

Penetapan ini dilakukan Gubernur Riau Syamsuar di Media Center Karhutla Riau, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Senin pagi, 23 September 2019. Ada beberapa pertimbangan dalam penetapan status darurat karena kabut asap ini.

“Kita umumkan hari ini, kita tetapkan langsung sampai 30 September 2019,” kata Syamsuar di Pekanbaru.

Dia menyebut status ini bisa diperpanjang jika kabut asap masih bertahan dan kualitas udara di Pekanbaru serta berbagai daerah lainnya dalam keadaan berbahaya.

Dengan status ini, Pemerintah Provinsi Riau bakal memperbanyak posko pelayanan kesehatan karena kabut asap dan menyiapkan tempat evakuasi atau pengungsian bagi warga. Salah satunya adalah gedung daerah di Jalan Diponegoro.

“Gedung lainnya juga akan dipersiapkan sebagai tempat evakuasi bagi warga,” sebut Syamsuar.

Pemprov Riau juga akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk meningkatkan penyediaan layanan kabut asap, termasuk lokasi evakuasi.

“Lokasinya harus mudah terjangkau oleh masyarakat yang terpapar kabut asap,” terang Syamsuar.

Syamsuar menyatakan, lokasi evakuasi masih berada di Riau dan tidak di provinsi tetangga seperti Sumatera Barat. Menurutnya, evakuasi ke daerah lain harus dikoordinasikan dengan pemerintah setempat.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gunung Tangkuban Parahu Keluarkan Asap Setinggi 150 Meter

Sen Sep 23 , 2019
medsosnews.com ,Bandung – Hasil pengamatan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM hingga pagi ini mengungkap, Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat, masih mengeluarkan asap setinggi 150 meter dari dasar kawah. Menurut kepala PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM Kasbani, status gunung api yang memiliki ketinggian 2.084 meter di atas permukaan […]
Gunung Tangkuban Parahu Keluarkan Asap Setinggi 150 Meter