Rapat Tingkat Menteri, Menko Polhukam Mahfud Beberkan Soal Hak Vetonya

Medsosnews.com, Jakarta – Menko Polhukam Mahfud Md menggelar rapat paripurna tingkat menteri di kantornya. Agenda itu untuk mendengarkan paparan setiap menteri demi menyamakan persepsi seusai visi Presiden.

Selain itu, juga melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian agar tidak terjadi benturan.

BACA JUGA

  • Menlu Retno Marsudi Bahas Persiapan KTT ASEAN di Rapat Tingkat Menteri

“Itu yang sebenarnya oleh Pak Presiden disebut veto. Veto itu hanya istilah yang dipakai Presiden di dalam pidatonya. Kalau istilah hukumnya pengendalian. Memang itu bukan veto dari arti hukum, itu veto dalam arti politis, administratif,” kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Menurut dia, hak veto itu agar jika ada program pemerintah yang tak jalan karena adanya perbedaan pendapat antara kementerian atau lembaga, Menko Polhukam yang menyelesaikan atas nama Presiden.

“Tentu kalau harus membatalkan satu program satu kementerian tidak bisa langsung kan. Menkonya ya ke presiden, ini terjadi sesuatu begini sehingga semuanya lancar,” ungkap Mahfud Md.


Puji Instrumen Lembaga

Dia pun juga memuji soal instrumen kelembagaan yang lengkap dan bagus, sehingga lembaga yang ada bekerja baik untuk Indonesia semakin maju.

“Sudah ada mekanisme defensifnya agar tidak bobol sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Ada juga mekanisme ofensifnya agar bisa maju ke tengah dunia,” pungkasnya.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bantah Dahnil, Prabowo: Kita Terima Gaji dan Pakai Mobil Dinas

Kam Okt 31 , 2019
Medsosnews.com, Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan bahwa dirinya akan tetap menerima gaji sebagai menteri. Prabowo mengaku bakal menggunakan gaji tersebut dengan sebaik-baiknya. “Saya enggak tau darimana itu. Pokoknya masa kita enggak terima gaji, kita akan terima gaji dan itu kita pakai untuk keperluan yang sebaik-baiknya,” ujar Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis […]
Bantah Dahnil, Prabowo: Kita Terima Gaji dan Pakai Mobil Dinas