OPM Ulang Tahun 1 Desember, Menkominfo: Tak Ada Pembatasan Internet

Medsosnews.com, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkoninfo), Johnny G Plate mengatakan, tak ada pembatasan internet pada 1 Desember mendatang. Karena, Organisasi Papua Merdeka (OPM) akan memperingati hari jadinya pada 1 Desember.

“Tidak ada (pembatasan internet). Ada enggak disorder? Terjadi disorder enggak?,” kata Johnny di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (31/10).

Ia pun tak bisa memastikan apakah akan ada pembatasan internet atau tidak pada saat OPM memperingati hari jadinya.

“Saya tidak bisa bicara kemungkinan (pembatasan internet). Dalam keadaan normal, tidak ada pembatasan. Hanya pada saat sipil disorder, kekacauan. Kemudian pada saat sipil disobidient, ya itu kan harus dicegah. Cara cegah apa? Ya, akun diblokir,” ujarnya.

BACA JUGA

  • XL Ajak Masyarakat Manfaatkan Layanan Data secara Positif
  • Sony Daftarkan Paten 5 Seri Konsol PlayStation
  • Samsung Sematkan Snapdragon 865 di Galaxy S11

Menurutnya, meskipun terjadi kerusuhan di Papua pada saat, sebelum atau pasca peringatan OPM. Pihaknya hanya memantau saja dan tak bisa langsung membatasi internet.

“Tidak ada (pembatasan). Kalau ada kericuhan, tentu aparat dulu. Kami monitor saja,” ucapnya.

“Kamu mau? (Di take down internetnya). Memaksa ini saya supaya langsung. Hahahaha. Kami memonitor percakapannya. Bagaimana kualitas percakapan dan sampai ditingkat mana bahayanya. Dan kami informasikan ke instansi terkait untuk melakukan pencegahannya agar tidak ada sipil disorder, kekacauan di masyarakat,” sambungnya.


Ada Solusi Lain

Ia pun mengungkapkan, mempunyai cara lain selain menurunkan internet dalam penyalahgunaan media sosial (internet).

“Kami mempunyai manajemen penanggulangan konten. Ada manajemennya. Melalui apa? Melakukan literasi. Ada edukasi. Kerja sama dengan lembaga dan tokoh. Itu literasi terkait pemanfaatan penggunaan media sosial. Kalau literasi pembinaan pendidikan,” ungkapnya.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PlayStation Vue Berhenti Beroperasi Januari 2020

Kam Okt 31 , 2019
Medsosnews.com, Jakarta – Sony telah mengumumkan akan menutup layanan PlayStation Vue. Layanan live streaming TV itu akan berhenti beroperasi pada Januari 2020. “Sayang sekali, industri kompetitif ini, dengan penawaran dan konten mahal, telah berjalan lebih lambat dari ekspektasi kami,” kata Sony dalam sebuah pernyataan dikutip dari Venture Beat, Kamis (31/10/2019). BACA JUGA Realme Klaim Jadi […]
PlayStation Vue Berhenti Beroperasi Januari 2020