Kemenhub: Manggarai Ideal Jadi Stasiun Kereta Sentral

medsosnews.com, Jakarta – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menilai Stasiun Kereta Api (KA) Manggarai, Jakarta, ideal sebagai stasiun sentral karena Gambir sudah tidak bisa dikembangkan lagi.

“Kita tetap sesuai dengan perencanaan karena memang sudah lama, sudah sangat ideal di situ (Manggarai), karena kalau Stasiun Gambir tidak bisa dikembangkan lagi, apalagi stasiun lain,” kata Kasubag Humas Ditjen Perkeretaapian Supandi dikutip dari Antara, Rabu (9/10/2019).

Supandi menjelaskan, Stasiun Manggarai memang dirancang untuk stasiun ultimate yang perencanaannya sudah dilakukan sejak lama.

“Kita tidak tiba-tiba mengubah rencana tersebut, kita juga sudah studi. Manggarai jadi stasiun sentral dan Gambir akan kembali seperti semula untuk commuter line,” katanya.

BACA JUGA

  • Pemprov DKI Angkut 350 Ton Sampah Kiriman dari Pintu Air Manggarai
  • Menengok Stasiun Manggarai, yang Bakal Gantikan Gambir
  • Dinas LH Bersihkan 322 Meter Kubik Sampah dari Pintu Air Manggarai

Dengan pemindahan KA jarak jauh dari Gambir ke Manggarai, maka diharapkan pengoperasian akan terpusat ditambah saat ini sudah bisa mengakses KA Bandara dari stasiun tersebut.

Supandi mengatakan dengan pemindahan tersebut, wilayah sekitar juga tentunya akan ditata sedemikian rupa dalam kurun waktu hingga dua tahun mendatang sekaligus menunggu kesiapan jalur dwiganda.

“Kita kan masih ada waktu dua tahun. Kalau rencananya akhir 2021 itu hanya pembangunan stasiun Manggaraiselesai. Tapi sepanjang itu kita kan akan melakukan penataan, khususnya menunggu kesiapan jalur dwiganda. Kalau ini enggak selesai juga kan gak bisa dipindah dulu,” katanya.

Terkait lahan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan PT Kereta Api Indonesia agar bisa diselesaikan untuk kemudahan akses penumpang.

“Koordinasi kita lakukan terus, terkait penertiban, dengan RT/RW kelurahan dan kecamatan terus dilakukan penertiban berbasis dialog dan musyawarah,” katanya.

Selain itu juga akan dibangun Halte Transjakarta yang terhubung dengan stasiun dan area komersial akan diisi oleh gerai-gerai layaknya di Stasiun Gambir.

“Jadi nanti akan bangun Halte Transjakarta yang terhubung dengan stasiun, di Pasar Raya juga akan dibangun untuk terbangun sampai stasiun,” ujarnya.

Pemerintah akan memindahkan fungsi stasiun sentral dari Gambir ke Manggarai pada 2021 dan Stasiun Gambir akan dikembalikan fungsinya sebagai naik turunnya penumpang kereta rel listrik (KRL).

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wiranto ke Jokowi: Pak, Saya Ingin Pulang...

Jum Okt 11 , 2019
medsosnews.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo menjenguk Menko Polhukam Wiranto di RSPAD, Jakarta Pusat. Jokowi menyebut, kondisi menterinya itu sudah mulai stabil usai diserang dan ditusuk oleh teroris di Pandeglang, Banten. “Alhamdullilah kondisinya sudah stabil. Bisa bekomunikasi, bisa berbicara dengan saya,” kata Jokowi di RSPAD, Jumat (11/10/2019). BACA JUGA Kasus Penyerangan Wiranto Dianggap […]
Wiranto ke Jokowi: Pak, Saya Ingin Pulang...