Kelelahan Usai Demo? Kembalikan Kebugaran dengan 5 Tips Berikut

medsosnews.com, Jakarta – Sejumlah aksi demo digelar di berbagai kota, Senin (23/9/2019). Di Jakarta, Mahasiswa menguasai ruas jalan di depan Gedung DPR/MPR, sedangkan di Yogyakarta ribuan massa yang didominasi mahasiswa menggelar aksi ‘Gejayan Memanggil’.

Aksi turun ke jalan seperti ini tentu cukup menguras energi. Kelelahan dan pegal-pegal pasti akan muncul, terutama bagi yang jarang olahraga. Apalagi, ada rencana hari ini aksi serupa akan dilanjutkan kembali.

Agar tidak ‘remuk’ seluruh badan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kebugaran. Berikut seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Olahraga
Lho, kelelahan kok malah olahraga? Sabar, tentu saja bukan olahraga angkat beban atau lari marathon. Menurut penelitian, olahraga dengan intensitas ringan seperti jalan-jalan bisa memulihkan level energi setelah kelelahan.

“Olahraga meningkatkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot,” kata Kerry J Stewart, pakar kebugaran dari John Hopkins University.

2. Peregangan
Termasuk bagian dari olahraga, gerakan-gerakan peregangan efektif mengatasi berbagai masalah otot. Olahraga seperti Yoga misalnya, juga bisa menenangkan pikiran akibat stres.

3. Tidur yang cukup
Istirahat sangat penting untuk memberi kesempatan sel-sel tubuh memperbaiki diri dari kerusakan. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan orang dewasa untuk memenuhi kebutuhan tidur antara 6-8 jam perhari.

4. Cukupi asupan nutrisi
Tubuh memerlukan asupan nutrisi yang lengkap untuk berfungsi dengan baik. Tidak hanya sebagai bahan bakar, tetapi juga untuk regenerasi sel-sel tubuh yang rusak akibat kelelahan. Berikan porsi yang cukup untuk protein dan serat di samping makanan pokok sebagai sumber karbohidrat.

5. Minum air putih
Dehidrasi sangat berpengaruh pada kebugaran tubuh. Selain level energi berkurang, susah fokus dan gampang mengantuk juga termasuk dampak dari ketidakseimbangan cairan tubuh. Pastikan cukup minum untuk menggantikan keringat yang keluar saat turun ke jalan.


admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Beredar Hoaks Mahasiswa Meninggal Saat Demo di DPR, Ini Faktanya

Rab Sep 25 , 2019
medsosnews.com, Jakarta – Beredar kabar adanya mahasiswa yang meninggal karena mengikuti demo di depan Gedung DPR pada Selasa 24 September 2019. Kabar itu pun tidak benar. Mahasiswa tersebut adalah Faisal Amir, mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia. Dia ditemukan kritis, Selasa malam 24 September 2019. Kondisinya kini stabil setelah menjalani operasi dan perawatan. Dekan Fakultas Hukum […]