BMKG Prediksi Musim Hujan Mundur, Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di November

Medsosnews.com , Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan kondisi iklim dan potensi cuaca ekstrem akan terjadi di November. Bulan ini merupakan peralihan musim kemarau ke musim penghujan.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca, Miming Saepudin mengatakan pihaknya memprediksi awal musim hujan pada 2019 ini akan mundur.

BACA JUGA

  • Cuaca Hari Ini: Jakarta Cerah Berawan, Depok dan Bogor Hujan

“Awal musim hujan 2019-2020 umumnya mundur. Musim hujan 2019-2020 berlangsung normal sesuai klimatoligisnya,” kata Miming di Gedung Dr Sutopo, BNPB, Jakarta Timur, Kamis (31/10/2019).

Dia menjelaskan, puncak musim hujan pun akan terjadi pada Januari hingga Februari 2020. Dia mengingatkan tentang potensi cuaca ekstrem yang perlu diwaspadai, mulai dari angin kencang puting beliung hingga hujan es.

“Perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan es, hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada periode transisi musim) pada November-Desember 2019,” ungkap Miming.2 dari 3 halaman


Gelombang Tinggi

Tidak hanya itu, potensi gelombang tinggi juga harus diwaspadai pada November ini. Hal tersebut, kata Miming, perlu diwaspadai di wilayah Sumatera, Bali hingga NTB.

“Potensi glombang tinggi selama bulan November 2019 perlu di waspadai di wilayah perairan berat Sumatera hingga selatan Bali-NTB,” ungkap Miming.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Rapat Tingkat Menteri, Menko Polhukam Mahfud Beberkan Soal Hak Vetonya

Kam Okt 31 , 2019
Medsosnews.com, Jakarta – Menko Polhukam Mahfud Md menggelar rapat paripurna tingkat menteri di kantornya. Agenda itu untuk mendengarkan paparan setiap menteri demi menyamakan persepsi seusai visi Presiden. Selain itu, juga melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian agar tidak terjadi benturan. BACA JUGA Menlu Retno Marsudi Bahas Persiapan KTT ASEAN di Rapat Tingkat Menteri “Itu […]
Rapat Tingkat Menteri, Menko Polhukam Mahfud Beberkan Soal Hak Vetonya